Sure'5

Sure'5

Minggu, 26 Mei 2013

pertemuan ke 13, Perilaku Pelanggan



Hari ini, Senin 20 Mei 2013 di ruang 306 gedung Daksinapati FIP UNJ berlangsungnya Perkuliahan Manajemen Pemasaran dengan cukup baik, dimana presentasi kali ini dipimpin oleh kelompok Sembilan yang memaparkan mengenai perilaku pelanggan.
Pada dasarnya perilaku pelanggan merupakan respons yang muncul dari seseorang yang terlibat langsung dalam usaha memperoleh dan menghasilkan produk, menentukan keputusan pembelian, bahkan pembelian ulang. Sedangkan perilaku pelanggan itu sendiri didasari oleh beberapa hal, diantaranya ialah dorongan untuk membeli yang merupakan lah satu faktor dalam mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen yaitu berupa hal-hal yang menyangkut  masalah ekonomi keuangan, teknologi, politik, budaya, dsb.
Faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku pelanggan sangat penting dipahami secara mendalam oleh perusahaan, karena kebanyakan kegagalan dari program pemasaran banyak ditentukan oleh ketidakmampuan dari seorang manajer dalam menerjemahkan faktor- faktor ini kedalam proses pemasaran yang akan dilakukan. Faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku pelanggan itu sendiri diantaranya ialah Karakteristik Pelanggan. Yang didalamnya memuat Cultural (Budaya) Sekumpulan nilai, persepsi, preferensi, dan juga perilaku tertentu yang diperoleh dari lingkungan keluarga, agama, kebangsaan, ras, dan juga geografis. Kemudian Kelas Sosial yaitu pembagian kelompok masyarakat yang relatif homogen dan permanen yang tersusun secara sistematis, serta anggotanya menganut nilai, minat, dan perilaku yang serupa.Lalu terdapat Citra atau konsep tentang diri yang ideal dan aktual dari seseorang, gaya hidup dan karakteristik pribadi serta kepribadian.

Alasan seseorang menginginkan suatu produk, adalah karena adanya motivasi yang merupakan pendorong seseorang mendapatkan atau menginginkan kepuasan suatu produk. Contohnya ketika seseorang ingin bertahan hidup, tentunya ia membutuhkan makanan, lantas ia akan membeli makanan tersebut
Para konsumen amat beraneka ragam menurut usia, pendapatan, tingkat pendidikan, pola perpindahan tempat, dan selera. Hal ini bermanfaat bagi para pemasar untuk membedakan kelompok para konsumen yang memang berbeda, manfaat lainnya adalah untuk pengembangan produk dari pihak pemasar yang tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Sebagai seorang manajer sudah seharusnya mengetahui secara baik mengenai pasar dan pelanggan, guna berkembangnya perusahaan mengikuti perkembangan zaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar